------------ ------------------

Selasa, 16 Mei 2023

Pengacara Nasional Gus Leman Dukung Masyarakat Salulebbok Menuntut Haknya


Pengacara Nasional Gus Leman mendukung masyarakat salulebok menuntut pihak pengelola bendungan budong-budong transparansi dalam pembayaran ganti rugi tanaman,mereka juga menuntut agar relokasi jalanan dari dusun batu bapan ke dusun buntiti harus segera dikerjakan karena akses jalan ini satu-satunya jalan utama untuk keluar dari desa menuju ke jalan utama

Aksi unjuk rasa oleh masyarakat Salulebbo yang mengatasnamankan Forum perjuangan Salulebbo Jilid 2 di Lokasi pembangunan bendungan budong-budong, dusun batupapan, Desa Salulebbo, Kec. Topoyo, Kab. Mamuju Tengah Sulbar Senin (15/5/2023)

Ternyata menarik perhatian Gus Leman Pengacara Nasional langsung beraksi keras, hal seperi ini sebetulnya tidak perlu terjadi diera keterbukaan dan dijaman sekarang tutur Gus Leman.

Mengutip dari pernyataan koordinator aksi Nantur yang mengatakan bahwa,berdasarkan hasil keputusan musyawarah Forum Komunikasi Salulebbo Jilid 2 kami pada malam Minggu,maka pada hari ini minggu tanggal 14 Mei 2023 kami menuntut agar ganti rugi tanaman yang sangat privat dan tidak terpublik serta tidak adanya transparansi soal penetapan nilai ganti rugi dalam setiap pohon tanaman, selama ini hanya diberikan nominal tanpa ada rincian berapa harga perpohon tanaman

Untuk itu Gus Leman meminta dengan hormat kepada pihak terkait supaya dipenuhi hak hak masyarakat tersebut jangan ada pihak yang di rugikan agar dalam proses perhitungan, tanaman dan perincian harga harus terang benderang,untuk menghindari rasa kecurigaan diantara kita semua.

Saat ini saya tidak akan bicara jauh mengenai aturan hukum dulu,tapi menurut sepengetahuan saya belum ada aturan hukum yang memperbolehkan pihak yang mengurusi pembebasan lahan menolak memberikan transparansi soal penetapan nilai ganti rugi kepada masyarakat, aturannya itu dimana tutur Gus Leman.

Gus Leman mengatakan semua aturan itu harus selaras dan sejiwa dengan sila ke 5 dari Pancasia, yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ketika ditanya jika Gus Leman diminta untuk memberikan bantuan hukum kepada warga , Gus Leman menjawab pasti tidak menolak meski di Sulbar.

Cuma kalau saya tidak akan pake demo khusus untuk kasus ini . Khusus ini saya akan mengunakan jalur hukum kalau demo itu untuk kasus lain ,yang jelas kalau kami yang menangani pasti sangat dahsyat ,tutup Gus Leman.

Sementara itu Salhman ketua LBH JATI RAGA Sulawesi,bersama Gus Leman Pengacara Nasional mendukung perjuangan masyarakat salulebok dalam mempertahankan hak nya, siap mengawal dan memdampingi bilah di minta oleh masyarakat.

"Iya kami bersama tiem yang ada di Sulawesi atas petunjuk ketua,Gus Leman Pengacara Nasional siap membantu bilah masyarakat memintah,cuma kami tidak akan menawarkan diri, tapi kalau masyarakat meminta Insya kami siap mengawal dan mendampingi kasus yang sedang di alami masyarakat salulebok sampai tuntas," tutur Salman 

Tim


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pilihanku

Pilihanku
No. 8 SALMHAN PKB

Definition List

Unordered List

Support